Cara Membuat Kandang Ayam yang Murah dan Berkualitas

  • admin
  • Jun 08, 2023

Halo, Sobat Peternakan! Dalam memulai usaha budidaya ayam tetapi seringkali beberapa peternak terhambat oleh  anggaran terbatas, maka sebenarnya tidak perlu khawatir. Peternak dapat membuat kandang ayam baik petelur maupun kandang ayam broiler yang murah namun tetap fungsional dan nyaman untuk ayam Anda apalagi di Desa bisa memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di alam. Postingan ini adalah tentang beberapa langkah sederhana untuk membuat kandang ayam yang murah tetapi berkualitas:

Rencanakan Desain Kandang

Hal pertama yang perlu disiapkan sebelum memulai pembuatan kandang seperti desain kandang yang akan di bangun. Rencanakan desain kandang sesuai dengan kebutuhan ayam Anda dan apakah anda ingin menggunakan kandang yang terbuka, tertutup atau malah memakai kandang jenis umbaran. Dimana semuanya memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Yang berikutnya adalah menentukan ukuran kandang yang memadai untuk populasi ayam yang ingin di budidayakan sebelum akhirnya di jual dan pertimbangkan kebutuhan ruang gerak dan ventilasi yang cukup untuk pertumbuhan ayam agar optimal.

Desain Kandang Ayam

Berikut adalah tabel yang menampilkan perbedaan desain kandang ayam clouse house, terbuka, tertutup, dan umbaran:

 Kandang Ayam Close HouseKandang Ayam TerbukaKandang Ayam TertutupKandang Ayam Umbaran
DeskripsiKandang dengan dinding dan atap yang rapat, menutup sepenuhnyaKandang dengan dinding terbuka, atap biasanya adaKandang dengan dinding dan atap yang tertutup rapatKandang dengan akses terbuka ke lingkungan sekitar
KeuntunganMelindungi ayam dari cuaca buruk, predator, dan penyakitMemberikan sirkulasi udara yang baik, akses sinar matahariMelindungi ayam dari cuaca buruk, predator, dan penyakitMemberikan kebebasan gerak dan akses ke lingkungan alami
KekuranganKurang sirkulasi udara dan sinar matahari, biaya pembangunan lebih tinggiRentan terhadap serangan predator, penyakit, dan cuaca burukKurang sirkulasi udara dan sinar matahari, biaya pembangunan lebih tinggiRentan terhadap serangan predator dan risiko kehilangan ayam
PenggunaanCocok untuk daerah dengan cuaca ekstrem atau predator yang berlimpahCocok untuk daerah dengan iklim hangat atau akses ke luar yang terbatasCocok untuk daerah dengan cuaca ekstrem atau predator yang berlimpahCocok untuk daerah dengan ruang yang luas dan akses ke lingkungan alami
BiayaLebih mahal dalam pembangunan dan pemeliharaanLebih terjangkau dalam pembangunan dan pemeliharaanLebih mahal dalam pembangunan dan pemeliharaanTergantung pada elemen dan struktur kandang yang dibutuhkan

Perlu diingat bahwa desain kandang ayam yang tepat tergantung pada kondisi dan kebutuhan spesifik, serta faktor lingkungan dan iklim di lokasi Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan aspek perlindungan, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan ayam dalam memilih desain kandang yang sesuai.

Pilih Bahan yang Murah

Pilih bahan yang murah yang tersedia di lingkungan tempat tinggal, mudah di dapat namun tetap kuat dan tahan lama alias kualitas masih tetap baik. Contohnya, Kayu dan bambu sebagai bahan utama bisa di pakai kayu atau bambu bekas yang masih kuat. Anda juga dapat menggunakan kawat ayam untuk membuat kerangka kandang.

Beberapa Bahan Murah Pembuatan Kandang Ayam

Berikut adalah tabel perbandingan bahan baku murah dan mahal dalam pembuatan kandang ayam:

 Bahan Baku MurahBahan Baku Mahal
KayuKayu bekasKayu keras seperti jati, meranti
BambuBambu bekasBambu kualitas tinggi
KawatKawat ayam bekasKawat galvanis
PlastikPlastik bekasPlastik tahan lama atau polikarbonat
Tali/KawatTali rafia, kawat ayam bekasKawat tahan lama
Batu BataBatu bata bekasBatu bata berkualitas tinggi
TerpalTerpal bekasTerpal tahan lama
Serbuk gergajiSerbuk gergaji bekasSerbuk gergaji berkualitas tinggi

Perlu diingat bahwa harga bahan baku dapat bervariasi tergantung pada lokasi geografis dan ketersediaan di pasar lokal. Pilihan bahan baku yang murah atau mahal juga dapat tergantung pada ketersediaan dan kebutuhan spesifik Anda dalam pembuatan kandang ayam.

Selain faktor harga, pertimbangkan juga kekuatan, daya tahan, dan kualitas bahan baku yang akan digunakan. Pastikan bahan baku yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan kandang ayam, serta mempertimbangkan aspek kebersihan dan keamanan untuk hewan ternak Anda.

Manfaatkan Bahan Bekas

Anda dapat memanfaatkan bahan bekas untuk membuat kandang ayam yang murah. Misalnya, gunakan palet bekas atau bahan-bahan lain yang dapat Anda temukan di sekitar Anda. Ini akan membantu mengurangi biaya pembuatan kandang.

Tabel Perbandingan Pemanfaatan Bahan Bekas

Berikut adalah tabel perbandingan penggunaan bahan baru dan bahan bekas dalam pembuatan kandang ayam beserta perkiraan harga relatif untuk setiap bahan:

 Bahan BaruBahan BekasPerkiraan Harga
KayuKayu baru dari tokoKayu bekas atau paletLebih mahal
KawatKawat baruKawat ayam bekasLebih murah
BambuBambu baruBambu bekasLebih murah
Tali/KawatTali atau kawat baruTali atau kawat bekasLebih murah
PlastikPlastik baruPlastik bekasLebih murah
Batu BataBatu bata baruBatu bata bekasLebih mahal
DrumDrum baruDrum bekasLebih murah
JeramiJerami baruJerami bekasLebih murah

Perlu diingat bahwa harga bahan dapat bervariasi tergantung pada lokasi geografis, kualitas, dan ketersediaan bahan tersebut. Bahan baru umumnya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan bekas, karena bahan bekas seringkali diperoleh dengan harga yang lebih murah atau bahkan secara gratis.

Namun, meskipun bahan bekas memiliki harga yang lebih terjangkau, perlu diperhatikan kondisi dan kualitasnya. Pastikan bahan bekas yang digunakan masih dalam kondisi yang baik dan aman untuk digunakan dalam pembuatan kandang ayam.

Selain faktor harga, pertimbangkan juga keandalan, kekuatan, daya tahan, dan kebersihan bahan yang akan digunakan. Pilihlah bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Pertimbangkan Keamanan dan Kebutuhan Ayam

Pastikan kandang memiliki lantai yang kuat dan aman untuk mencegah masuknya predator. Sediakan tempat bertelur yang nyaman, tempat minum dan makan, serta tempat berteduh untuk ayam Anda.

Daftar Kebutuhan Kenyamanan Dalam Pembuatan Kandang

Berikut adalah daftar kebutuhan kenyamanan yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatan kandang ayam:

  1. Ruang yang cukup: Pastikan kandang memiliki ruang yang cukup untuk ayam bergerak, beristirahat, makan, minum, dan bertelur dengan nyaman.
  2. Ventilasi yang baik: Sediakan ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara yang baik agar udara dalam kandang tetap segar dan menghindari kelembapan yang berlebihan.
  3. Pencahayaan yang memadai: Berikan pencahayaan yang cukup di dalam kandang agar ayam dapat melihat dengan jelas dan beraktivitas secara normal.
  4. Perlindungan dari cuaca ekstrem: Desain kandang sedemikian rupa sehingga dapat melindungi ayam dari panas berlebih, hujan, angin kencang, atau cuaca buruk lainnya.
  5. Kebersihan dan sanitasi: Pertimbangkan sistem pengelolaan kotoran dan limbah agar kandang tetap bersih dan bebas dari bau tidak sedap serta potensi penyakit.
  6. Perlindungan dari predator: Pastikan kandang memiliki dinding dan atap yang kokoh sehingga dapat mencegah masuknya predator seperti tikus, ular, atau hewan liar lainnya.
  7. Tempat bertelur yang nyaman: Sediakan sarang yang aman, bersih, dan nyaman bagi ayam untuk bertelur.
  8. Tempat makan dan minum: Siapkan tempat yang cukup besar dan mudah diakses untuk pakan dan air minum agar ayam dapat mengonsumsi makanan dan minuman dengan nyaman.
  9. Suhu yang optimal: Pastikan suhu di dalam kandang tetap stabil dan sesuai dengan kebutuhan ayam agar mereka tidak mengalami kelebihan panas atau kedinginan.
  10. Pengaturan kebisingan: Minimalisir kebisingan yang berlebihan di sekitar kandang agar ayam dapat beristirahat dan tidur dengan tenang.
  11. Keamanan: Pertimbangkan faktor keamanan untuk mencegah akses masuk yang tidak diinginkan dan melindungi ayam dari pencurian.
  12. Ketersediaan umbaran: Jika memungkinkan, sediakan area umbaran di luar kandang agar ayam dapat menjelajahi lingkungan alami dan melakukan aktivitas seperti mencari makanan dan berjemur.
  13. Sistem pengelolaan air: Pastikan adanya sistem pengaturan air yang baik untuk memenuhi kebutuhan minum ayam secara teratur dan menjaga kebersihan air.
  14. Sistem penyediaan pakan: Gunakan sistem yang efisien dan mudah dalam menyediakan pakan kepada ayam untuk memastikan kecukupan asupan makanan.
  15. Pengaturan kepadatan populasi: Jangan mengisi kandang terlalu padat agar ayam memiliki ruang yang cukup untuk bergerak dan menghindari stres.
  16. Sistem perlindungan dari penyakit: Terapkan langkah-langkah kebersihan, vaksinasi, dan pemantauan kesehatan yang tepat untuk mencegah penyebaran penyakit di antara ayam.

Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik ayam tertentu serta mematuhi standar keamanan dan kesejahteraan hewan yang berlaku dalam merancang kandang yang nyaman dan aman.

Penggunaan Sistem Pintu yang Sederhana

Akses pintu pada kandang bermanfaat saat peternak masuk, saat pemberian pakan dan pengluaran kotoran. Peternak dapat menggunakan sistem pintu yang paling sederhana dan tidak ribet, seperti pintu geser atau pintu ayun yang mudah dibuat sendiri dan tidak memerlukan tukang tambahan dalam pengerjaannya. Pastikan pintu dapat terkunci dengan aman untuk menjaga keamanan ayam dan predator dari luar kandang.

Perhatikan Ventilasi yang Cukup

Pastikan kandang memiliki ventilasi yang cukup agar udara dapat sirkulasi dengan baik. Ini akan membantu menjaga suhu dan kelembaban yang optimal dalam kandang.

Lakukan Perawatan dan Pembersihan Rutin

Pasca selesainya pembuatan kandang ada namanya biaya perawatan dan pembersihan rutin. Hal ini bertujuan agar kandang bisa bertahan lebih lama. Bersihkan kandang secara teratur untuk mencegah penyakit dan menjaga kebersihan ayam Anda.

Kesimpulan

Membuat kandang ayam yang murah tidak harus sulit. Dengan perencanaan yang baik, pemanfaatan bahan bekas, dan pemilihan bahan yang ekonomis, Anda dapat membuat kandang yang nyaman dan fungsional untuk ayam Anda. Ingatlah untuk memperhatikan kebutuhan ayam dan menjaga kebersihan kandang secara rutin. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam peternakan ayam Anda. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *